RSS

Pages


[UPDATE] info SNMPTN 2013

informasi di blog ini akan selalu di update, jadi pantengin terus ya.....

info tertanggal 28 Desember 2012

informasi yang tertera di situs resmi SNMPTN 2013 masih sama, yaitu 17 Desember 2012 s.d. 8 Februari 2013 pengisian data siswa dan nilai di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa

selanjutnya ini adalah info dari situs lainnya:

Syarat Siswa yang Boleh Ikut SNMPTN 2013

Rani Hardjanti
Jum'at, 28 Desember 2012 13:44 wib
Pelaksanaan SNMPTN. (Foto : Rifa Nadia/okezone.com)
Pelaksanaan SNMPTN. (Foto : Rifa Nadia/okezone.com)
JAKARTA - Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun depan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa parameter yang harus dilampaui siswa.

Pertama, parameter dari kemampuan atau potret asal sekolah calon mahasiswa.  Hal ini bisa dinilai dari tingkat akreditasi sekolah siswa yang bersangkutan. Kemudian nilai alumni dari sekolah asal calon mahasiswa di ajang SNMPTN tiga tahun sebelumnya secara berturut-turut, mulai tahun 2010, 2011, dan 2012. Selanjutnya adalah tetap dari penilaian alumni sekolah asal calon mahasiswa namun dalam bidang nilai IPK selama perkuliahan tahap persiapan (semester 1 dan 2) di PTN masing-masing.

Lalu, parameter penilaian yang kedua adalah dari calon mahasiswa itu sendiri terkait nilai rapot atau akademiknya selama tiga tahun masa pembelajaran serta nilai Ujian Nasional (Unas).

"Untuk kategori ini, ITS memberikan otorisasi terhadap nilai mata pelajaran tertentu, misalkan jika si calon memilih salah satu jurusan di FTI, maka nilai fisika, matematika, dan bahasa inggrisnya yang diutamakan", terang Pembantu Rektor I ITS, Prof. Dr. Ing. Ir. Herman Sasongko, saat sosialisasi pelaksanaan SNMPTN kepada seluruh Kepala SMA/MA/SMK se-kota Surabaya, dalam keterangan tertulisnya di laman ITS, Jumat (28/12/2012).

Pelaksanaan SNMPTN tahun depan dapat dilakukan melalui tiga jalur, yakni jalur undangan undangan saja, kemudian jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN, dan terakhir seleksi mandiri PTN atau jalur kemitraan atau jalur mandiri.

Presentase kuota dari tiap pola itu juga berbeda. Untuk SNMPTN, kuota yang diberikan sebanyak 50 persen. Jalur  SBMPTN sebesar30 persen dan sisanya 20 persen untuk jalur seleksi mandiri PTN.  Setiap perguruan tinggi negeri akan membuat daftar daya tampung untuk diinformasikan ke calon mahasiswa melalui website masing-masing.(rhs)
berita lainnya:

Mendikbud: biaya pendaftaran SNMPTN 2013 gratis

Senin, 10 Desember 2012 21:43 WIB | 5449 Views

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan biaya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

"Pendaftaran semuanya gratis baik yang bidikmisi dan non-bidikmisi. Dulu, pada 2012 biaya SNMPTN jalur undangan itu sebesar Rp150-200 ribu," kata Mohammad Nuh seusai konferensi pers peluncuran SNMPTN 2013 di Jakarta, Senin.

Menurut dia, dengan pembebasan biaya itu dan kuota penerimaan di perguruan tinggi sebesar 60 persen dari populasi akan memberikan rasa aman bagi peserta didik yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Kita harus memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi," ujar dia.

Ia mengatakan seleksi tersebut berdasarkan nilai rapor dan hasil Ujian Nasional.

"Mulai 2013 kita berani mengintegrasikan prestasi yang di bawahnya baik melalui nilai raport, hasil UN, dan prestasi lainnya," kata dia.

Hal tersebut, lanjutnya, merupakan tonggak baru karena sebelumnya banyak masyarakat protes kalau hasil UN bisa atau tidak dijadikan untuk penerimaan mahasiswa baru. Padahal yang menerima perguruan tinggi itu tidak mempermasalahkannya.

Sementara itu, Ketua Umum Panita Pelaksana SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan sekolah yang berhak mengikuti sertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data sekolah dan prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Semua sekolah baik negeri maupun swasta harus mengisi PDSS," ujar dia.

Ia mengatakan pengisian PDSS mulai 17 Desember 2012-8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester.

"Pendaftaran dibuka mulai 1 Februari-8 Maret 2013 sementara proses seleksi 9 Maret-27 Mei," kata dia.

Pengumuman hasil seleksi pada 28 Mei 2013 dan pendaftaran ulang yang lulus seleksi 11-12 Juni 2013.

"Jumlah calon mahasiswa peserta SNMPTN 2012 jalur undangan terdaftar 236.811, yang diterima 53.401. Sementara Tertulis yang daftar 618.812 , sebanyak 118.233 diterima. Total penerimaan dari undangan dan tertulis sebesar 171.634. Untuk target penerimaan 2013 itu sebesar 150.000 peserta," ujar dia. (A063)
sumber  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar