RSS

Pages



berpikir kritis

apa yang dimaksud berpikir kritis?
 berpikir kritis adalah proses berpikir yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah secara masuk akal.
Ennis (2011) menyatakan bahwa berpikir kritis sesungguhnya adalah suatu proses berpikir yang terjadi pada seseorang serta bertujuan untuk membuat keputusan-keputusan yang masuk akal  dan reflektif mengenai sesuatu yang dapat ia yakini kebenarannya serta yang akan dilakukan nanti.

  hal ini berarti dalam upaya meyakini keputusan yang kita ambil  kita akan melakukan proses berpikir , yakni berpikir kritis. Pada saat menyelesaikan masalah, seseorang akan mencari solusi yang tepat dan meyakininya sebelum memutuskan untuk menggunakan solusi tersebut.



apa tujuan memiliki keterampilan berpikir kritis?
 kehidupan kita di dunia sarat akan masalah. bagaimana seseorang dapat menjalani hidupnya dengan benar, dan baik tentu ditunjukkan dengan upaya nya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. karena kita tahu hidup adalah menemui masalah setelah berhasil menyelesaikan masalah, maka perlu untuk diri kita meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
apa saja indikator berpikir kritis?
menurut ennis, terdapat lima aktivitas dalam indikator berpikir kritis, yaitu: memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik.
download disini :
 indikator berpikir kritis
bagaimana menumbuhkannya?
adalah dengan melatih diri melakukan hal-hal yang telah disebutkan pada indikator2 berpikir kritis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar